Previous Next

Wujudkan Generasi yang Inovatif, PKPA UMK Gelar Workshop Career For Alumni

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Pusat Karir dan Pelacakan Alumni (PKPA) Universitas Muria Kudus (UMK) menggelar Workshop Career For Alumni, dimana peserta dari seluruh calon wisudawan periode Mei 2024. Mengusung tema “Menjadi Generasi yang Inovatif dan Berdaya Saing menuju Dunia Kerja”, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Masjid Darul Ilmi UMK, Sabtu (23/03/2024).

Workshop kali ini dilakukan secara hybrid, yang dihadiri total peserta offline 216 peserta, dan 590 secara online. Workshop Career For Alumni kali ini juga menghadirkan dua narasumber, yakni Account Representative Khusus/Marketing (ARK) dari BPJS Ketenagakerjaan, Ramadhani Rakhmad; serta HR supervisor PT. BFI Finance, Mesach Hendri Dwi L.

Dalam kesempatan tersebut, ARK dari BPJS Ketenagakerjaan, Ramadhani Rakhmad menjelaskan tentang Prinsip Atomic Habits: 1% Improvement. Yakni melakukan langkah perubahan positif mulai dari hal terkecil (1%), namun dilakukan secara konsisten.

“Implementasinya dimulai dari tanggungjawab dan disiplin, memuali hal kecil, repetisi dan ingatan, sense of progress,  konsistensiyang menjadi kebiasaan, hingga compound interest dan menjadi ahli,” jelasnya.

“Jadi, ayo bangun habit, luangkan waktu 5 menit setiap hari, memikirkan cara baru dalam nmencapai purpose utama kita, mulai hari ini,” ajaknya.

Sementara itu, HR supervisor PT. BFI Finance, Mesach Hendri Dwi L. menjelaskan tentang GRIT. Yakni kombinasi antara Passion (hasrat, kesadaran secara mendalam tentang apa yang kita inginkan) dan Perseverance, daya-juang atau kegigihan (kerja keras dan sikap pantang menyerah) untuk mencapai tujuan jangka Panjang.

“Jadi secara singkat, Grit adalah gabungan antara hasrat dan daya-juang untuk mencapai tujuan jangka panjang,” urainya.

Lebih lanjut, Mesach Hendri menekankan akan pentingnya Grit dalam karir. Grit membantu untuk fokus pada tujuan jangka Panjang, selain itu, Grit juga membantu ketika menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri.

“Kemudian alenta/potensi/bakat saja tidak menjamin kesuksesan, butuh ketekunan. Dan yang terakhihr, Grit membantu untuk bersikap positif dan terus memberikan yang terbaik,” pungkasnya. (Humas-UMK)