Menu

Artikel

Pelajar Miskin Kudus dapat Beasiswa

KUDUS-Pemerintah Kabupaten Kudus memberikan beasiswa bagi pelajar kurang mampu atau miskin kepada 4.389 siswa dengan nilai total mencapai Rp 4 miliar. Penyerahan beasiswa secara simbolis dilakukan di GOR Wergu oleh Bupati Kudus Mustofa, Kamis (30/12)
Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Sudjatmiko, mengatakan bahwa beasiswa dari Pemkab sengaja diberikan belakangan mengingat adanya beasiswa serupa dari pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Tengah yang total keduanya mencapai Rp 3,5 miliar. "Bulan Nopember beasiswa dari pusat dan provisi habis, sehingga berikutnya kami turunkan beasiswa dari pemkab," ujarnya.
Mekanisme pemberian beasiswa tergolong ketat karena pendataan silang dilakukan dengan mengecek langsung ke rumah siswa bersangkutan yang akan menerima beasiswa. Meski demikian, bagi siswa yang belum terjangkau oleh beasiswa dari pemkab, pihaknya meminta kepada kepala sekola terkait memberikan subsidi silang untuk siswanya yang membutuhkan.
Sujatmiko merinci  beasiswa yang diberikan kepada siswa SD/MI sebanyak 602 siswa, untuk SMP/MTs sebanyak 639 siswa, dan tingkat SMK/SMA/MA sebanyak 3.148 siswa. Untuk tingkat SD/MI persiswa mendapat beasiswa sebesar Rp 360 ribu, tingkat SMP/MTs sebesar Rp 600 ribu, dan SMK/SMA/MA sebesar Rp 1.080.000.

 

Untuk tahun 2011 direncanakan anggaran beasiswa sekitar Rp 4,2 miliar. "Melihat jumlah kondisi penerima yang bisa bertambah dan berkurang," katanya.
Tak Ada Putus Sekolah
Dalam sambutannya, Bupati Kudusa Mustofa Wardoyo, menjanjikan bahwa pendidikan di Kudus akan berjalan lancar sehingga tidak ada anak yang putus sekolah karena kekurangan biaya. "Siswa yang kurang mampu akan dibantu oleh pemkab. Sehingga mampu menjembatani semangat siswa dengan harapan dan cita-citanya," katanya.
Ia juga berpesan kepada ribuan siswa yang memenuhi lokasi acara untuk bersungguh-sungguh dalam belajar, sehingga nantinya bisa berbuat banyak untuk bangsa dan negara. "Kitalah yang mengubah kehidupan sendiri. Maka berusahalah untuk berubah menjadi lebih baik. Jika tidak kita akan tersalip oleh perubahan yang abadi," pesannya.
Beasiswa yang diberikan diharapkan dapat melecut siswa untuk belajar dan bersekolah secara benar. Jangan sampai mengecewakan orang tua. Karena telah menjadi harapan keluarga, bangsa, dan negara. (Zaka/Portal)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info Dikti

Tajug

Menyoal Hari Bhayangkara

Oleh Hidayatullah

PERINGATAN hari jadi suatu institusi dapat mengambil berbagai momentum yang dianggap penting, termasuk Polri. Polri memperingati hari jadinya setiap 1 Juli, mengambil  momentum disatukannya Polri dengan TNI/ABRI.


Penguatan Produk Lokal Merespons Tantangan Global

Oleh Mochamad Edris
 
PERSAINGAN pasar global dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai berlaku di akhir 2015 ini, menuntut perekonomian rakyat tidak sekadar bisa memenuhi kebutuhan lokal dan nasional, juga internasional.

 


Mengenal Ragam Anak Berkebutuhan Khusus

Oleh Trubus Raharjo

Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu, sehingga tingkah lakunya berkembang.


Read More

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Pengunjung

01153467
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
4773
7499
39894
1071144
169607
140978
1153467

IP: 54.144.79.200
Jam Server: 2015-07-31 12:02:15

Kami memiliki 91 tamu online

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top