Menu

Artikel

Fakultas Teknik UMK Kenalkan Teknologi Tepat Guna

UMK- Salah satu fungsi perguruan tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat melalui penelitian teknologi tepat guna yang telah dilakukan oleh Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK), tetapi masyarakat kadang tidak bisa mengakses produk yang dihasilkan. Terlebih dalam pencarian mitra dengan masyarakat seringkali menemukan kesulitan mengandeng, karena masyarakat khawatir akan diberatkan. Padahal tujuan rekayasa teknologi itu mempermudah kehidupan.

Masruki Kabib, Dosen Fakultas Teknik Mesin UMK, mengungkapkan hal demikian. Pihaknya telah melakukan penelitian sekaligus hasilnya diabdikan untuk masyarakat, tetapi sampai saat ini jalinan tersebut kurang maksimal. "Setiap tahun fakultas kami menghasilkan sekitar 10 sampai 15 produk rekayasa teknologi dari berbagai bidang. Secara garis besar disesuasikan dengan kebutuhan masyarakat," katanya.


Jalinan kemitraan antara universitas dengan masyarakat memang perlu diperkuat, untuk memaksimalkan perannya. Maka, perlu terobosan dalam strategi pendekatan hasil penelitian. Menurutnya, jika saat ini pihak kampus yang banyak mendatangi masyarakat, sekarang bisa dicoba dengan membaliknya, masyarakat yang mendatangi kampus.

Sejalan dengan itu, Humas UMK, Zamhuri, mengapresiasi maksud tersebut dengan harapan produk teknologi yang dihasilkan benar-benar menyentuh masyarakat.

Saat ini Fakultas Teknik telah menghasilkan berbagai mesin tetap guna, di antaranya adalah mesin Pencacah Botol Plastik, Pengerasan Kail Ikan, Pengasah Pisau, Penurun Kadar Air Madu, Penggepres Hasil Fermentasi Ketela Pohon, serta yang sedang dikerjakan mesin Penghasil Deterjen.

Lebih Murah
Di antara keunggulan produk teknologi tersebut adalah lebih murah dari produk teknologi serupa dipasaran. Selain itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemesan. Kabib, panggilannya, siap berkompetisi dengan produk luar yang sepadan. Karena produknya langsung mengena kebutuhan masyarakat. "100% produk lokal yang langsung menyentuh kebutuhan masyarakat," tegasnya.(Zaka-Portal)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Berita Kegiatan Ristek


Pengumuman


Info Iptek


Artikel Iptek


Ebook

Tajug

UMKM Kudus di Era MEA

Oleh Mohammad Edris

Awal Tahun baru 2016 disambut dengan diberlakukanya perjanjian Masyarakat  Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah disepakati di Bali pada tahun 2003. Integrasi 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) menjadi basis produksi dan pasar bersama, tak ditunda lagi.


2016, Tahun Prestasi

Oleh Suparnyo

Tak terasa, tahun 2015 akan segera meninggalkan kita semua, berganti dengan lembaran baru, tahun baru, yaitu tahun 2016. Rasanya baru kemarin lembaran tahun 2015 menyapa, namun kini segera akan meninggalkan kita semua.


Kejujuran dan Budaya Malu

H. Suparnyo

INDONESIA seakan tak henti-henti dirundung masalah dan musibah. Masalah dan musibah datang silih berganti, yang bisa kita simak hampir setiap hari melalui pemberitaan di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik.


Read More

Pengunjung

02443276
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
10361
11984
10361
2338942
90635
280735
2443276

IP: 50.17.5.36
Jam Server: 2016-02-07 21:41:33

Kami memiliki 51 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top