Image1 Image2 Image3 Image4 Image5 Image6
Loading

Seminar Ketenagalistrikan di Fakultas Teknik

Email Cetak

Posisi Konsumen dalam Kenaikan TDL

UMK-Listrik adalah kebutuhan pokok bagi masyarakat. Keberadaan listrik telah membantu banyak hal, mulai dari belajar, bekerja dan sebagainya. Masyarakat sebagai pengguna dan pemerintah sebagai produsen harus bisa bersinergi agar bisa menciptakan iklim usaha yang baik. Masyarakat senang dan pemerintah juga senang.

Sejak 1 Juli 2010, pemerintah menaikan darif dasar listrik yang membuat masyarakat terbebani, terlebih para pengusaha kecil menengah yang usahanya tergantung pada listrik.

Disisi lain, masyarakat sebagai konsumen listrik tidak mempunyai perlindungan yang jelas. Serta tidak ada pengawasan terhadap produk atau jasa sebelum jatuh ke tangan masyarakat. Kenyataan ini memungkinkan praktek monopoli akan membuka peluang bagi pemerintah untuk bersikap otoriter dalam harga dan pelayanan yang tidak tertata rapi.

Seharusnya masyarakat selaku konsumen harus diperlakukan sebagai “raja”. Masyarakat harus dilayani dengan baik dan tidak semestinya hanya dibuat sapi perah tanpa memperhatikan hak-hak yang harus diberikan. Terlebih rea kompetisi dewasa ini yang lebih mementingkan mutu pelayanan sebagai dasar usaha.

Ironisnya, kenaikan tarif dasar listrik ini juga tidak diimbangi dengan pelayanan yang baik. Seperti masih adanya pemadaman bergilir, jaringan aus dan trafo OB, permintaan sambungan terhambat, penambahan jaringan di pedesaan masih jadi kendala, komersialisasi dan biaya tambahan atas pelayanan rekening, lamanya waktu penanganan gangguan serta kalibarasi KWH meter lama.

Polemik diatas menjadikan dasar bagi Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK) untuk menyelenggarakan seminar ketenagalistrikan, sosialisasi dan simulasi tarif dasar listrik 2010 yang bekerjasama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada Kamis 30 September 2010 di ruang Seminar Gedung Rektorat lantai 4 Universitas Muria Kudus (UMK).

Seminar ini mengangkat tema “Upaya menyediakan tenaga listrik dan mutu layanan yang handal pasca berlakunya Tarif Dasar Listrik 2010. Hadir sebagai narasumber dari Ir. Rudy Setyobudi, MT, Deputi Manager Mekanisme Niaga PT. PLN Distribusi Jateng & DIY, Gatot Dwi Andi Bakti, AMD TE, Koordinator Komite Nasional Keselmatan Instalasi Listrik (Konsuil) Kudus, Ir. Yoce Mocodumpu, Seksi Teknologi dan SDM Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) dan Dr. Suparnyo,MS dari Dosen Magister Ilmu Hukum UMK.

Acara ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang hak dan kewajiban konsumen dalam sekor ketenaga listrikan. Serta mensosialisasikan tarif dasar listrik 2010 kepada masyarakat termasuk mensimulasikan perhitungan untuk pasang baru dan rekening bulanan. (Harun-Portal).

Read : 1368 times

Add comment


Security code
Refresh

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

 

Pasca Sarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

 

Links:

 

Fasilitas

UMK Repository

Library Gateway

E learning

Info Muria

Blog Staff

Muria Studies

Jurnal

Jurnal Internasional

Portal Ketrampilan Wajib

 

 

Barcode:

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria

Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

 

 

 

 

QR Code

Kemahasiswan

Portal Akademik

Info Kemahasiswaan

Alumni SI

Pena Kampus

Hubungi Kami

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis PO.BOX 53

Bae 59324 Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

 

Telp: 0291-438229

Fax: 0291-437198

Email: muria@umk.ac.id