Menu

Artikel

KKL Itu Mengesankan

UMK – Pagi itu (4/08) jam lima empat puluh lima menit Muflikhah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus (UMK) telah berada di kampus, guna mengikuti Kuliah Kunjungan Lapangan (KKL). “Saya pikir saya yang terakhir, dan telah ditunggu banyak orang, rencananya pemberangkatannya kan jam 6, e..ternyata jam 6:30 ”, kata Mahasiswi semester empat itu merasa khawatir jika terlambat.
Setelah ke 28 peserta berkumpul, rombongan KKL pun diberangkatkan dan mulai perlahan meninggalkan kampus UMK tepat pada pukul enam tiga puluh menit. Sesampainya di Semarang, tibalah pada kunjungan pertama mereka di Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang.
“Disana saya merasa senang, karena dari awal saya ingin mengetahui peranan psikologi klinis terhadap mereka yang berkebutuhan khusus”, tutur Muf, sembari tersenyum saat di wawancarai portal UMK. Sebelumnya Muf beranggapan bahwa bocah yang memiliki kebutuhan khusus itu susah untuk menanganinya, namun anggapannya itu terbatahkan ketika melihat anak-anak tersebut menunjukkan bakatnya yang luar biasa.
“Mereka ada yang pandai menggambar kartun jepang hanya dalam waktu satu menit, ada pula yang pandai bermain musik, menari, dan menyanyi”, kata Pak Ari Wakil Kepala Sekolah SLB N Semarang. Bahkan kemampuan mereka, sebut saja Kharisma, yang memiliki bakat menyanyi itu pun sempat menjadi bintang tamu pada acara Kick Andy-Metro TV.

 

Selain ke SLB N Semarang, KKL ini juga mengunjungi PT.Coca Cola Bottling Indonesia Central Java, Ungaran dan Gang Sadar, Baturaden-Purwokerto “KKl ini bertujuan agar mahasiswa mampu mengetahui aplikasi mata kuliah psikologi perkembangan, psikologi klinis, psikologi sosial, dan psikologi industri di dunia kerja”, Jelas Sekretaris Fakultas Psikologi UMK, M. Widjanarko, S.Psi., M.Si.
“KKL kemarin mengesankan banget, walaupun cuma dua hari (4-5/08), saya jadi semakin tahu dengan apa yang saya pelajari selama ini, semakin menantang dengan observasi dan wawancara dengan PSK di Gang Sadar, Baturaden”, tutur Nurun Nahari Syarifah, mahasiswi yang mulai suka dengan psikologi sosial itu. (Kholidin/Portal UMK)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Highlight


Pengumuman


Kolom Opini


Agenda


E-pustaka

Tajug

UMKM Kudus di Era MEA

Oleh Mohammad Edris

Awal Tahun baru 2016 disambut dengan diberlakukanya perjanjian Masyarakat  Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah disepakati di Bali pada tahun 2003. Integrasi 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) menjadi basis produksi dan pasar bersama, tak ditunda lagi.


2016, Tahun Prestasi

Oleh Suparnyo

Tak terasa, tahun 2015 akan segera meninggalkan kita semua, berganti dengan lembaran baru, tahun baru, yaitu tahun 2016. Rasanya baru kemarin lembaran tahun 2015 menyapa, namun kini segera akan meninggalkan kita semua.


Kejujuran dan Budaya Malu

H. Suparnyo

INDONESIA seakan tak henti-henti dirundung masalah dan musibah. Masalah dan musibah datang silih berganti, yang bisa kita simak hampir setiap hari melalui pemberitaan di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik.


Read More

Pengunjung

02508495
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
6666
9380
6666
2432915
155854
280735
2508495

IP: 54.87.58.9
Jam Server: 2016-02-14 16:51:10

Kami memiliki 83 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top