Menu

Artikel

Profil Progdi BI Dipuji DIKTI

UMK-Ujian Akhir Semester (UAS) telah usai. Kini saatnya hati mahasiswa dag dig dug menanti nilai UAS keluar. Beberapa mahasiswa pun silih berganti, mengamati nilai yang tercantum di papan pengumuman. Walau masa liburan, tampak mahasiswa lalu lalang ke Seketariat Fakultas. “Yes, aku dapat nilai A,” ceplos spontan seorang mahasiswi Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan (FKIP) saat melihat nilainya.
Peranan nilai mata kuliah bagi mahasiswa memang sangat memengaruhi jumlah IPK. “Apalagi pada tahun mendatang, semua fakultas di Universitas Muria Kudus (UMK) akan mengikuti Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) secara utuh”, kata Ir. Endang Dwi Murinie, Msi, Ketua Lembaga Pendidikan UMK.
Sebenarnya sistem KBK ini menjadi babak lanjutan dari kurikulum tahun 2003. Secara berkala pelaksanaan dalam penyempurnaan kurikulum telah dilaksanakan (Perguruan Tinggi) PT masing – masing. Seperti penyusunan bahan ajar, pembentukan team teaching, dan inovasi konsep dalam penyusunan kompetensi (siswa maupun dosen) dan sebagainya.

 

KBK juga merumuskan hasil (outcame) atau lulusan yang ingin dicapai. Hal ini terekam dari profil yang telah disusun oleh masing - masing program studi (progdi) di UMK. “Penyusunan profil progdi Pendidikan Bahasa Inggris ini rupanya mendapat pujian dari tim KBK Dikti dan juga dosen Psikologi Universitas Gajah Mada (UGM), Sylvia Dewayani,” tambah Endang Dwi Murinie, saat pengajuan profil prodi kepada Dikti.
Menurut Murrini profil lulusan diturunkan berdasarkan tiga kompetensi yang ingin dicapai progdi. Pertama, kompetensi utama, kompetensi ini menyangkut keilmuan dan akademik sesuai bidang yang ditekuni. Kedua, kompetensi pendukung, kompetensi ini mendukung kompetensi utama yang menjadi ciri khas dari progdi tersebut. Ketiga, kompetensi lain, keahlian atau ketrampilan (skill) lain yang berguna bagi lulusan seperti ketrampilan kewirausahaan, ketrampilan komputer dan ketrampilan lainnya.
Sementara itu, Kaprogdi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fitri Budi Suryani, SS, MPd mengatakan, bukan cuma profil PBI, tapi KBK PBI yang akan dimulai tahun akademik 2010.(Ulin-Portal UMK)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info RISTEKDIKTI

Highlight


Pengumuman


Kolom Opini


Agenda


E-pustaka

Tajug

UMKM Kudus di Era MEA

Oleh Mohammad Edris

Awal Tahun baru 2016 disambut dengan diberlakukanya perjanjian Masyarakat  Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah disepakati di Bali pada tahun 2003. Integrasi 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) menjadi basis produksi dan pasar bersama, tak ditunda lagi.


2016, Tahun Prestasi

Oleh Suparnyo

Tak terasa, tahun 2015 akan segera meninggalkan kita semua, berganti dengan lembaran baru, tahun baru, yaitu tahun 2016. Rasanya baru kemarin lembaran tahun 2015 menyapa, namun kini segera akan meninggalkan kita semua.


Kejujuran dan Budaya Malu

H. Suparnyo

INDONESIA seakan tak henti-henti dirundung masalah dan musibah. Masalah dan musibah datang silih berganti, yang bisa kita simak hampir setiap hari melalui pemberitaan di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik.


Read More

Pengunjung

02471123
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
8345
8188
38208
2338942
118482
280735
2471123

IP: 54.82.49.125
Jam Server: 2016-02-10 17:31:31

Kami memiliki 79 tamu online

UMK DI GOOGLE MAP

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top