Menu

Artikel

Profil Progdi BI Dipuji DIKTI

UMK-Ujian Akhir Semester (UAS) telah usai. Kini saatnya hati mahasiswa dag dig dug menanti nilai UAS keluar. Beberapa mahasiswa pun silih berganti, mengamati nilai yang tercantum di papan pengumuman. Walau masa liburan, tampak mahasiswa lalu lalang ke Seketariat Fakultas. “Yes, aku dapat nilai A,” ceplos spontan seorang mahasiswi Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan (FKIP) saat melihat nilainya.
Peranan nilai mata kuliah bagi mahasiswa memang sangat memengaruhi jumlah IPK. “Apalagi pada tahun mendatang, semua fakultas di Universitas Muria Kudus (UMK) akan mengikuti Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) secara utuh”, kata Ir. Endang Dwi Murinie, Msi, Ketua Lembaga Pendidikan UMK.
Sebenarnya sistem KBK ini menjadi babak lanjutan dari kurikulum tahun 2003. Secara berkala pelaksanaan dalam penyempurnaan kurikulum telah dilaksanakan (Perguruan Tinggi) PT masing – masing. Seperti penyusunan bahan ajar, pembentukan team teaching, dan inovasi konsep dalam penyusunan kompetensi (siswa maupun dosen) dan sebagainya.

 

KBK juga merumuskan hasil (outcame) atau lulusan yang ingin dicapai. Hal ini terekam dari profil yang telah disusun oleh masing - masing program studi (progdi) di UMK. “Penyusunan profil progdi Pendidikan Bahasa Inggris ini rupanya mendapat pujian dari tim KBK Dikti dan juga dosen Psikologi Universitas Gajah Mada (UGM), Sylvia Dewayani,” tambah Endang Dwi Murinie, saat pengajuan profil prodi kepada Dikti.
Menurut Murrini profil lulusan diturunkan berdasarkan tiga kompetensi yang ingin dicapai progdi. Pertama, kompetensi utama, kompetensi ini menyangkut keilmuan dan akademik sesuai bidang yang ditekuni. Kedua, kompetensi pendukung, kompetensi ini mendukung kompetensi utama yang menjadi ciri khas dari progdi tersebut. Ketiga, kompetensi lain, keahlian atau ketrampilan (skill) lain yang berguna bagi lulusan seperti ketrampilan kewirausahaan, ketrampilan komputer dan ketrampilan lainnya.
Sementara itu, Kaprogdi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fitri Budi Suryani, SS, MPd mengatakan, bukan cuma profil PBI, tapi KBK PBI yang akan dimulai tahun akademik 2010.(Ulin-Portal UMK)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info Dikti

Tajug

Mengenal Ragam Anak Berkebutuhan Khusus

Oleh Trubus Raharjo

Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu, sehingga tingkah lakunya berkembang.


Membangun Karakter Hakim Progresif dan Bermoral

Dr.  Sukresno, SH.,M.Hum

Prinsip utama sistem hukum Eropa Kontinental yaitu hukum memperoleh kekuatan mengikat, karena diwujudkan dalam peraturan-peraturan yang terbentuk Undang-Undang (UU) dan tersusun secara sistematik dalam kodifikasi atau kompilasi tertentu. Prinsip dasar ini dianut, mengingat nilai utama yang merupakan tujuan hukum adalah kepastian hukum, termasuk oleh hakim-hakim di Indonesia.


Membangun Marwah UMK di Pentas Global

Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan antarbangsa (internasional) bagi institusi perguruan tinggi, menjadi keniscaryaan di era global ini. Hal itu berlaku juga bagi Universitas Muria Kudus (UMK), perguruan tinggi swasta terbesar di Pantura Timur Jawa Tengah.


Read More

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Pengunjung

00799174
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
454
3574
4028
764084
105815
124280
799174

IP: 54.163.68.15
Jam Server: 2015-05-25 02:04:26

Kami memiliki 41 tamu online

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Alumni SI
Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top