Sabda Kusuma Membantah Mengubah Syahadat Rasul

Email Cetak

Sabda Kusuma dipanggil di Balai Desa Kauman.

Kudus-Sabda Kusuma alias Kusmanto, yang menggegerkan Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kudus, karena diduga telah mengubah syahadat rasul dengan nama dirinya, ternyata juga identitas soal ayahnya diragukan. Pasalnya, nama ayah yang dicantumkan dalam kartu keluarga (KK) bernama Raden Sumawinata yang katanya masih keturunan Sunan Gunung Jati dari Keraton Kanoman, tidak terbukti kebenarannya.

Nama Raden Sumawinata, hanya imajinasi dari Sabda Kusuma agar dirinya dianggap masih keturunan Keraton Kanoman. Sebab, setelah ditelusuri, diperoleh keterangan bahwa tidak ada keturunan dari Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati bernama Raden Sumawinata.

Menurut Chepi Iriawan, suami Ratu Arimbi (adik Sultan Muhammad Raja Emirudin, yang menjadi Sultan Kanoman Cirebon saat ini) sebagai juru bicara Keraton Kanoman, menyebutkan bahwa pengakuan Sabda Kusuma itu tidak benar. Chepi juga mengungkapkan bahwa berdasarkan pengecekan pihaknya, tidak ada nama Depok Ratujaya tempat sebagaimana disebut Sabda Kusuma sebagai tempat meninggalkan Raden Sumawinata tahun 1999. ’’Di sini memang ada nama Desa Depok, tapi tidak ada nama Depok Ratujaya,” tegasnya.

Sementara berdasarkan data yang dimiliki Keraton Kanoman, menurut Chepi, memang ada nama Pangeran bernama Suma, yakni keturunan dari Sultan ke-8 (Sultan Muhammad Zulkarnaen). ’’Tapi beliau baru saja meninggal, yakni sekitar tahun 2008 lalu,” jelasnya.


Karena itu, Chepi kembali menegaskan jika di Keraton Kanoman tidak ada keturunan bernama Raden Sumawinata. Dia mengakui banyak orang yang mengaku-aku keturunan dari Sultan, tetapi itu biasanya bohong. Sebab, mereka biasanya bermotif ekonomi, yakni mengaku bisa mengambil harta karun dari Sunan Gunung Jati dan harta simpanan Bung Karno. ’’Jadi kita tegaskan tidak ada nama Raden Sumawinata, itu ngarang (mengada-ada, Red). Apalagi, ceritanya dibumbui pernah hidup dan mati hingga tujuh kali. Ini hanya khayalan orang yang mau mencari keuntungan dari nama Keraton Kanoman saja,” tambahnya.

Sementara itu, menurut PRA.Arif Natadiningrat dari Keraton Kasepuhan Cirebon, juga mengungkapkan tak mengenal keturunan Sunan Gunung Jati bernama Raden Sumawinata. ’’Keturunan Sunan Gunung Jati banyak dan tersebar di mana-mana. Ada yang membuat silsilah ke Keraton Kasepuhan, ada yang tak buat. Yang mengaku-aku juga banyak, termasuk mungkin Sumawinata,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasar keterangan catatan KUA Kecamatan Karanganyar, di mana Sabda Kusuma pernah menikah di Desa Karanganyar, dengan saksi Abdul Kholiq (44), beralamat di Karanganyar-Demak dan Suhadi (48), juga beralamat di Karanganyar (ketika dicek ternyata nama mereka tak dikenal Desa Karanganyar), maka ada benang merah (kesimpulan) yang bisa diambil. Ada kecocokan data dengan yang dimiliki oleh Tim Masyarakat Menara. Sebab, berdasar keterangan juru bicara Tim Masyarakat Menara, Maesah Anggni, bahwa sebenarnya Sabda Kusuma memiliki dua saudara bernama Suparman dan Suhadi.

Suhadi, bila yang dimaksud itu adalah orangnya sama, yakni yang jadi saksi pernikahan Sabda Kusuma, tidaklah beralamat di Karanganyar, namun di Desa Terban, Kecamatan Jekulo. Sehingga bisa disimpilkan ada dugaan bahwa Sabda Kusuma adalah orang asli Terban yang kemudian pindah ke Karanganyar. Ketika dikonfirmasi pada Kamis (19/11) lalu, Suhadi tak menampik jika dikatakan masih saudara dengan Sabda Kusuma. Namun, tak banyak keterangan yang bisa diambil darinya.

Terkait Abdul Kholiq, selama ini, dia sering disebut sebagai pengikut dari Sabda Kusuma. Bahkan, di media massa, dialah yang diberitakan telah melakukan baiat dari para pengikut Sabda Kusuma. (Hoery,Miun-Portal)

Read : 2419 times

Add comment


Security code
Refresh

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

 

Pasca Sarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

 

Links:

 

Fasilitas

UMK Repository

Library Gateway

E learning

Info Muria

Blog Staff

Muria Studies

Jurnal

Jurnal Internasional

Portal Ketrampilan Wajib

 

 

Barcode:

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria

Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

 

 

 

 

QR Code

Kemahasiswan

Portal Akademik

Info Kemahasiswaan

Alumni SI

Pena Kampus

KSR PMI

Hubungi Kami

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis PO.BOX 53

Bae 59324 Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

 

Telp: 0291-438229

Fax: 0291-437198

Email: muria@umk.ac.id