Menu

Kasus Asyani, Penegakan Hukum Tanpa Isi

UMK – Salah satu kasus hukum yang menyita perhatian publik tanah air saat ini adalah kasus Asyani (63), tukang pijat asal Dusun Kristal, Situbondo, Jawa Timur, yang  dituduh mencuri 38 papan kayu jati di lahan Perhutani di desanya.

Informasi di berbagai media massa menyebutkan, Asyani dijebloskan ke penjara sejak 15 Desember 2014. Pada 16 Maret 2015, majelis hakim mengabulkan permohonan penangguhan penahanannya, namun perkaranya tetap berlanjut.

Asyani didakwa dengan Pasal 12 huruf d juncto Pasal 83 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan ancaman hukuman penjara 5 tahun.

Menurut pakar hukum Universitas Muria Kudus (UMK), Subarkah SH. M.Hum., kasus Asyani hanyalah satu kasus kecil penegakan hukum tanpa isi (nilai). ‘’Ini proses hukum untuk hukum. Padahal, hukum itu dibuat untuk manusia, tetapi tidak untuk menistakan,’’ ujarnya.

Kandidat doktor dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini melihat, Asyani tidak perlu sampai dihukum (dipenjara), karena tidak etis. ‘’Apa dia masuk kategori penjahat? Tidak. Maka, sebenarnya cukup diberi penjelasan dan pengarahan,’’ paparnya.

Penilaian ini dilontarkan, karena menurutnya semua orang dianggap paham tentang hukum, padahal faktanya, tidak. ‘’Tidak semua orang paham tentang hukum, apalagi orang tua seperti Asyani ini,’’ tegasnya.

Subarkah tidak menampik, bahwa sesuai aturan, jati masuk tanaman yang dilindungi negara, sehingga izin dan dokumen-dokumen terkait mesti diperhatikan. ‘’Tetapi apakah orang tua seperti Asyani ini juga paham soal perizinan,’’ lanjutnya menandaskan. (Eros-Portal)

Halaman 5 dari 553

Info Kopertis Wilayah VI

Info Dikti

Tajug

Membangun Karakter Hakim Progresif dan Bermoral

Dr.  Sukresno, SH.,M.Hum

Prinsip utama sistem hukum Eropa Kontinental yaitu hukum memperoleh kekuatan mengikat, karena diwujudkan dalam peraturan-peraturan yang terbentuk Undang-Undang (UU) dan tersusun secara sistematik dalam kodifikasi atau kompilasi tertentu. Prinsip dasar ini dianut, mengingat nilai utama yang merupakan tujuan hukum adalah kepastian hukum, termasuk oleh hakim-hakim di Indonesia.

Namun, di Indonesia, hukum acapkali dimaknai dengan kalimat dalam peraturan yang hanya semacam eksemplar saja, sedang yang hendak dijangkau adalah suatu makna yang lebih dalam lagi, katakanlah keadilan.


Membangun Marwah UMK di Pentas Global

Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan antarbangsa (internasional) bagi institusi perguruan tinggi, menjadi keniscaryaan di era global ini. Hal itu berlaku juga bagi Universitas Muria Kudus (UMK), perguruan tinggi swasta terbesar di Pantura Timur Jawa Tengah.

Terkait kesadaran global ini, sebenarnya ada argumentasi religius yang cukup populer, khususnya bagi umat Islam, yakni, “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina”. Di luar itu,  pelaksanaan ibadah haji secara tidak langsung menjadi pemantik silaturahmi dan kegiatan antarbangsa.


Maksimalisasi UKM dalam Peningkatan Kapasitas Mahasiswa

Oleh Drs. Hendy Hendro HS, M.Si.

Yakin dan sadar, bahwa kegiatan kemahasiswaan adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kegiatan akademik sehari-hari, baik yang bersifat ko kurikuler maupun ekstra kurikuler.

Kegiatan ko kurikuler sangat menunjang kegiatan keilmuan dan penalaran, yang pada gilirannya diharapkan mahasiswa bisa menerapkan ilmu (pengetahuan) yang didapat di bangku kuliah dalam kehidupan nyata.

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Pengunjung

00683400
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
1749
8348
14786
635502
114321
111423
683400

IP: 54.145.235.72
Jam Server: 2015-04-28 07:30:17

Kami memiliki 56 tamu online

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Alumni SI
Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top