Image1 Image2 Image3 Image4 Image5 Image6
Loading

Universitas Muria Kudus

Bahasa Asing Dongkrak Rasa Percaya Diri Atlet

Email Cetak

UMK - Dalam dunia olahraga, ada begitu banyak permasalahan yang terjadi. Baik itu tentang sarana prasana, rendahnya minat masyarakat untuk fokus di olahraga, tenaga pelatih atau guru olahraga handal yang terbatas, hingga masalah-masalah yang berhubungan dengan psikologis atlet. Hal ini terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) yang dipandu oleh Dr. Monty P. Satiadarma, MS/AT, MCP/MFCC, DCH, Drs. Amran Effendi Siregar, Psi. M. Psi. T., Christian Hadinata,dan  Ivana Lie. Acara yang diikuti sekitar 75 guru olahraga se-kabupaten Kudus ini merupakan bagian dari seminar nasional Psikologi Olahraga Membangun Prestasi yang diadakan Fakultas Psikologi UMK dengan Djarum Foundation di Auditorium UMK (15/1)

Dalam FGD ini guru-guru olahraga tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan cabang olahraga yang mereka tekuni. Seperti bulu tangkis, atletik, senam, voli, sepak bola, basket, renang, tenis, tenis meja, karate, panahan, gulat, dan cabang olahraga lainnya. Kemudian mereka diminta untuk mendiskusikan masalah yang sering muncul dalam mengajar atau membimbing anak didik. Setelah itu mereka diminta untuk memikirkan solusi dari masalah-masalah tersebut.

Masalah yang dialami oleh hampir setiap cabang olahraga adalah perasaan minder atau tidak percaya diri pada atlet. Ada kalanya atlet merasa minder ketika bertanding. Hal ini menjadi momok yang menakutkan, ketika minder berkecamuk, pemain cenderung menjadi pesimis, sehingga semangat juang menjadi turun.

Menurut Dr. Monty, penulis buku “Psikobiografi Rahasia Ketangguhan Mental Juara Christian Hadinata”, mengatasi minder pada atlet bukanlah dengan cara try out atau uji coba berkali-kali. Menurutnya, try out kurang efektif untuk mengatasi minder atau rasa tidak percaya diri pada atlet. Cara paling jitu adalah dengan mengajarkan anak soft skill atau kemampuan yang lain, misalnya bahasa asing. Ketika anak menguasai beberapa bahasa asing atau soft skill yang lain, secara otomatis ini akan meningkatkan rasa percaya diri ketika bertemu dengan lawan-lawannya di arena pertandingan.

Halaman 36 dari 436

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

 

Pasca Sarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

 

Links:

 

Fasilitas

UMK Repository

Library Gateway

E learning

Info Muria

Blog Staff

Muria Studies

Jurnal

Jurnal Internasional

Portal Ketrampilan Wajib

 

 

Barcode:

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria

Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

 

 

 

 

QR Code

Kemahasiswan

Portal Akademik

Info Kemahasiswaan

Alumni SI

Pena Kampus

Hubungi Kami

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis PO.BOX 53

Bae 59324 Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

 

Telp: 0291-438229

Fax: 0291-437198

Email: muria@umk.ac.id