Image1 Image2 Image3 Image4 Image5 Image6
Loading

Universitas Muria Kudus

Maria Bo Niok: Pendidikan Tertinggi Saya Pengalaman Hidup

Email Cetak

JIKA umumnya orang akan menulis pendidikan tertinggi yang pernah dienyam adalah pendidikan terakhirnya di bangku pendidikan, maka berbeda dengan Siti Mariam Ghozali, sang penulis Novel Ranting Sakura.

Lahir di Wonosobo pada 1 Januari 1966, sastrawan yang kemudian dikenal dengan “Maria Bo Niok” sebagai nama penanya, ini melakoni berbagai kegetiran hidup menjadi Pembantu Rumah Tangga (PRT) di negeri rantau, setelah tragedi kebakaran pasar Wonosobo pada 1995 yang ikut meluluhlantakkan empat tokonya.

Pada 1996, ia berangkat ke Hongkong menjadi PRT. Ini dilakukannya agar bisa melunasi hutang-hutangnya akibat kebakaran pasar Wonosobo, yang membalik keadaan dari kemapanan hidup yang jalaninya. Ditambah, waktu itu ia baru bercerai dengan suaminya. ”Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), adalah jawaban untuk melunasi hutang-hutang saya, dengan hanya berbekal ijazah SMA yang saya miliki.”

Meninggalkan tanah kelahirannya di Desa Lipursari, Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo antara tahun 1996-1998. “Majikan saya sering memaki. Bahkan makan pun hanya dijatah emangkuk kecil nasi sehari,” ungkapnya.

Karena itulah, setelah kontraknya di Hongkong habis dan ia sudah bisa melunasi hutang-hutangnya, pendiri rumah baca Istana Rumbia ini  memilih ke Taiwan. “Di Taiwan, saya menjadi PRT selama satu masa kontrak, yakni 1998 – 2000,” terangnya di depan ratusan peserta workshop penulisan karya fiksi yang digelar UPT Perpustakaan dan Lembaga Infokom Universitas Muria Kudus (UMK), Kamis (5/6/2014) lalu.

“Cerita” hidupnya mengalami fase perubahan, ketika ia kembali menjadi PRT di Hongkong untuk kali kedua. Pada pengalaman keduanya di Hongkong, ini sangat spesial. Karena ia tidak sekadar ingin bekerja, tetapi memanfaatkan waktu liburnya untuk kursus bahasa mandarin di Abraham College.

Halaman 36 dari 489

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Agroteknologi
Teknik
Psikologi

 

Pasca Sarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

 

Links:

 

Fasilitas

UMK Repository

Library Gateway

E learning

Info Muria

Blog Staff

Muria Studies

Jurnal

Jurnal Internasional

Portal Ketrampilan Wajib

 

 

Barcode:

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria

Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

 

 

 

 

QR Code

Kemahasiswan

Portal Akademik

Info Kemahasiswaan

Alumni SI

Pena Kampus

KSR PMI

Hubungi Kami

Universitas Muria Kudus

Gondangmanis PO.BOX 53

Bae 59324 Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

 

Telp: 0291-438229

Fax: 0291-437198

Email: muria@umk.ac.id