Menu

PPL FKIP di Sekolah Menengah Pertama

UKM-Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan tahun ini terasa berbeda. Pelaksanaan PPL tak hanya untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), melainkan telah termasuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, yang semula hanya di sekitar Kudus kini telah merambah hingga Pati Dan Jepara.
Menurut penuturan Fitri Budi Suryani, ketua program studi (Kaprodi) Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus (UMK), pelaksanaan PPL di SMP bertujuan untuk melebarkan sayap promosi Prodi bahasa Inggris agar tak sekedar di tingkat SMA.
Selain itu, PPL di SMP juga untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar di tingkat SMP. Pasalnya, dalam mengajar anak SMP justru dibutuhkan tenaga ekstra di bandingkan mengajar pada tingkat SMA.Selain itu, kemungkinan besar lulusan BI paling banyak akan terserap ditingkat SMP bahkan SD, tambah wanita berkacamata ini.

 

Menurut Fitri, SD dan SMP adalah sekolahan yang paling banyak dibandingkan SMA. Sehingga, bisa dikatakan lulusan BI UMK akan mengajar di dua tingkat ini. Untuk itu, perlu adanya pengalaman dalam mengajar di dua tingkat ini.
Fitri menambahkan, tahun depan PPL akan dirubah waktunya, yang semula hanya satu bulan setengah, akan dirubah menjadi tiga bulan.Agar mahasiswa mampu merasakan bagaimana menjadi guru, tambah Fitri.
Untuk tahun depan, satu semester digunakan khusus untuk matakuliah PPL dan skripsi. Sehingga, PPL tidak terganggu dengan jadwal kuliahnya. idak seperti saat ini, mahasiswa PPL akan terganggu jadwal kuliahnya, tambah Fitri pada Wartawan Portal UMK. (Agus, Portal)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info Dikti

Tajug

Sinergi Penguatan UMKM Menghadapi MEA

Oleh Dr. Zainuri, MM.

Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Betapa tidak, pada 2011, PDB dari sektor UMKM mencapai 56,6 % dan menyerap 97 % dari tenaga kerja nasional (BPS, 2012 ).


UMK Menghadapi Tantangan Global

Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd.

Universitas Muria  Kudus (UMK) memilii Identitas dan kepribadian yang termanifestasi dalam jargon “Culture University”. Pemaknaan “Culture University”, mengarah pada bagaimana UMK mengembangkan kebajikan (excellent) yang direalisasikan dalam kegiatan Tri  Dharma Perguruan Tinggi, dengan merujuk pada nilai-nilai dan kebajikan wilayah, berbekal “local wisdom” dan “local norms” yang dikenal luas masyarakat Kudus, yakni Laku Bagus, Pintar Mengaji, dan Pandai Berdagang (Gusjigang).


Urgensi Pendidikan Vokasi di Perguruan Tinggi

Oleh Dr. Suparnyo, SH. MS.

Alinea keempat  Undang Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia 1945, antara lain menyebutkan, tujuan didirikannya negara Republik Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Pengunjung

00561534
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
1881
2835
1881
535455
103878
106077
561534

IP: 54.81.2.75
Jam Server: 2015-03-29 13:05:01

Kami memiliki 13 tamu online

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Alumni SI
Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top