Menu

PPL FKIP di Sekolah Menengah Pertama

UKM-Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan tahun ini terasa berbeda. Pelaksanaan PPL tak hanya untuk Sekolah Menengah Atas (SMA), melainkan telah termasuk ke Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, yang semula hanya di sekitar Kudus kini telah merambah hingga Pati Dan Jepara.
Menurut penuturan Fitri Budi Suryani, ketua program studi (Kaprodi) Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus (UMK), pelaksanaan PPL di SMP bertujuan untuk melebarkan sayap promosi Prodi bahasa Inggris agar tak sekedar di tingkat SMA.
Selain itu, PPL di SMP juga untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam mengajar di tingkat SMP. Pasalnya, dalam mengajar anak SMP justru dibutuhkan tenaga ekstra di bandingkan mengajar pada tingkat SMA.Selain itu, kemungkinan besar lulusan BI paling banyak akan terserap ditingkat SMP bahkan SD, tambah wanita berkacamata ini.

 

Menurut Fitri, SD dan SMP adalah sekolahan yang paling banyak dibandingkan SMA. Sehingga, bisa dikatakan lulusan BI UMK akan mengajar di dua tingkat ini. Untuk itu, perlu adanya pengalaman dalam mengajar di dua tingkat ini.
Fitri menambahkan, tahun depan PPL akan dirubah waktunya, yang semula hanya satu bulan setengah, akan dirubah menjadi tiga bulan.Agar mahasiswa mampu merasakan bagaimana menjadi guru, tambah Fitri.
Untuk tahun depan, satu semester digunakan khusus untuk matakuliah PPL dan skripsi. Sehingga, PPL tidak terganggu dengan jadwal kuliahnya. idak seperti saat ini, mahasiswa PPL akan terganggu jadwal kuliahnya, tambah Fitri pada Wartawan Portal UMK. (Agus, Portal)

 

Info Kopertis Wilayah VI

Info Dikti

Tajug

Mengenal Ragam Anak Berkebutuhan Khusus

Oleh Trubus Raharjo

Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar, manusia melakukan perubahan-perubahan kualitatif individu, sehingga tingkah lakunya berkembang.


Membangun Karakter Hakim Progresif dan Bermoral

Dr.  Sukresno, SH.,M.Hum

Prinsip utama sistem hukum Eropa Kontinental yaitu hukum memperoleh kekuatan mengikat, karena diwujudkan dalam peraturan-peraturan yang terbentuk Undang-Undang (UU) dan tersusun secara sistematik dalam kodifikasi atau kompilasi tertentu. Prinsip dasar ini dianut, mengingat nilai utama yang merupakan tujuan hukum adalah kepastian hukum, termasuk oleh hakim-hakim di Indonesia.


Membangun Marwah UMK di Pentas Global

Berpartisipasi dalam berbagai kegiatan antarbangsa (internasional) bagi institusi perguruan tinggi, menjadi keniscaryaan di era global ini. Hal itu berlaku juga bagi Universitas Muria Kudus (UMK), perguruan tinggi swasta terbesar di Pantura Timur Jawa Tengah.


Read More

Polling

Menurut Anda tampilan apa saja yang perlu dibenahi dari Website UMK ?

Pengunjung

00791317
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Total
4164
3866
27233
729536
97958
124280
791317

IP: 23.22.19.253
Jam Server: 2015-05-23 14:12:48

Kami memiliki 105 tamu online

Fakultas

Ekonomi
Hukum
FKIP
Pertanian
Teknik
Psikologi

Pascasarjana

Ilmu Hukum
Manajemen

Fasilitas

Webmail
Portal Akademik
Repository UMK
Perpustakaan
E-learning
Blog Staff
Jurnal
Jurnal Internasional
Portal Ketrampilan Wajib
Pengabdian Masyarakat

Pusat Studi

Pusat Studi Kawasan Muria
Pusat Studi Kretek Indonesia

Pusat Studi Wanita/Gender
Pusat Studi Lingkungan
Pusat Studi Pemerintah Daerah
Pusat Studi Saint,Teknologi dan HAKI

Kemahasiswaan

Alumni SI
Pena Kampus
KSR PMI
Menwa Gondho Wingit

Scan this QR Code!
Go to top